Kalian Harus Tahu! Jenis Masker Wajah dan Fungsinya

Hi readers,

Masker wajah merupakan perawatan kulit wajah yang banyak dikenal oleh masyarakat karena sangat mudah ditemukan dan dapat dilakukan di rumah. Memiliki manfaat untuk mengatasi masalah kulit dan menjaga kecantikan kulit. Tapi tau ngga sih ada berapa banyak jenis masker wajah ?
Ternyata tiap jenis masker memiliki manfaat yang berbeda lho.
Yuk kita lihat ada berapa jenis masker wajah dan tentukan masker wajah mana yang cocok untuk kulit kalian.  

Powder Mask
Masker wajah berbentuk bubuk ini merupakan masker konvensional yang sejak dulu sudah digunakan. Masker ini lebih ampuh untuk mengatasi kulit berminyak dan berjerawat. Apalagi yang memiliki kandungan tomat.




Cara pemakaiannya : campurkan bubuk masker dengan air mawar atau air bersih biasa sampai menjadi adonan kental lalu oleskan secara merata ke seluruh wajah hingga leher. Tunggu sampai masker kering lalu bilang dengan air hangat untuk bersih maksimal. 

Cream Mask
Ini versih powder mask + air tapi sudah dikemas sih, sama seperti powder mask untuk penggunaan cream mask ini lebih baik 2 - 3 hari sekali. Fungsinya dapat sebagai pelembab dan menutrisi kulit wajah.




Peel-Off Mask
Masker wajah jenis ini banyak diminati karena dipercaya ampuh untuk mengangkat komedo. Jenis masker ini memang cocok untuk kulit berminyak dan cenderung mudah berjerawat. Jika komedo telah dibersihkan maka, pertumbuhan jerawat dapat diminimalisir.


Biasanya sudah dijual dalam kemasan sekali pakai atau kemasan tube atau sachet. 
Masker ini tidak disarankan untuk penggunaan tiap hari melainkan gunakan 1 kali dalam seminggu saat komedo mulai menumpuk.

Clay Mask
Masker ini dikenal terbuat dari lumpur yang penuh dengan mineral alam . Yang paling terkenal adalah masker yang terbuat dari lumpur gunung berapi karena dipercaya banyak mineral yang dikandung sehingga menutrisi kulit. Sifat dari caly mask adalah membersihkan wajah hingga ke pori-pori.


Cara pemakaiannya : lakukan exfoliating sebelum melakukan masker. Oleskan clay mask lalu diamkan hingga mengering. Karena tekstur masker yang begitu pekat, gunakan handuk kecil dan air hangat untuk membersihkan masker yang mengering.


Masker jenis ini dapat digunakan  untuk semua jenis kulit dan lebih baik digunakan hanya 1 kali dalam seminggu. 
Karena bersifat membersihkan, clay mask cenderung membuat kulit kesat dan kering. Maka setelah menggunakan clay mask pastikan menggunakan pelembab. 


Wash-Off Mask
Masker jenis seperti ini memang sangat praktis. Selain dapat digunakan sebagai masker selama 15 - 30 menit, masker jenis ini juga dapat langsung digunakan sebagai facial wash saat membilas.


Baca juga Althea Skin Detoxer - Salah Satu Wash Off Mask Korea

Fungsi masker seperti ini adalah memberikan perawatan untuk sehari-hari bagi kulit. Berbeda dengan masker lainnya yang digunakan hanya 1 - 2 kali dalam seminggu. Wash-Off Mask dapat digunakan tiap hari khususnya pada malam hari sebelum tidur agar kulit kita ternutrisi saat tidur dan lembab saat bengun keesokan harinya.


Sheet Mask
Saat ini sudah tidak sulit menemukan masker jenis ini. Jika dulu hanya brand korea yang mengeluarkan jenis sheet mask, kini brand lokal Indonesia pun semakin gencar mengeluarkan sheet mask.

Sheet mask termasuk daily mask yang dapat melembabkan. Kandungan serumnya yang begitu melimpah disebut-sebut menjadi rahasia kulit glowing perempuan Korea. Nah, sekarang semua perempuan pasti mau kulit yang cerah dan glowing kan ?
Yuk maskeran :)



Harga sheet mask kini sudah sangat terjangkau. Bahkan bisa dibeli di supermarket terdekat.
Tapi ingat! Jangan gunakan sheet mask saat tidur ya, karena ketika serum pada tisu masker sudah mengering dikhawatirkan kelembaban pada kulit kita yang nantinya diserap. So, pakai sheet mask hanya 15 - 20 menit saja ya.


Sleeping Mask
Nah kalo masker yang ini baru boleh dipakai saat tidur nih. Karena memang itu fungsi sleeping mask. Sesuai namanya, masker yang dapat digunakan saat tidur ini memiliki fungsi mengunci kelembaban dan menutrisi kulit saat tidur. Sehingga pada pagi hari kulit lebih lembab, halus, kenyal, dan cerah. 



Nah itu dia jenis-jenis masker yang kini tersedia di pasaran. Untuk kalian yang ingin menjadikan masker sebagai perawatan sehari-hari maupun mingguan. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah jenis kulit wajah, masalah pada kulit wajah, dan sesuaikan dengan aktivitas kalian.

Tips masker untuk kulit berminyak dan berjerawat.
Pilih masker yang sesuai dengan kulit berminyak dan berjerawat seperti powder mask.
Poder mask yang sifatnya mengering akan membantu menyerap kelebihan minyak pada wajah dan membantu mengeringkan jerawat.

Pilih powder mask yang memiliki kandungan bahan untuk kulit berminyak dan berjerawat.
Tapi gunakan masker ini 2 kali sehari saja. Atau sesuaikan dengan petunjuk penggunaan masker pada kemasan produk.

Namun, pada akhir minggu coba juga gunakan peel off mask untuk mengangkat komedo. Karena kulit yang berminyak cenderung lebih cepat komedoan.

Tips masker untuk orang sibuk
Buat kalian yang sibuk tapi tetap ngga mau mengabaikan perawatan kulit. Kalian bisa pilih wash off mask/sheet mask/sleeping mask. Tapi buat yang suka ketiduran saat maskeran ya lebih tepat pilih sleeping mask aja sih.

Tips masker untuk kulit kering
Kalo kulit kering tentunya perlu banget sama pelembab ya. Nah sheet mask adalah pilihan yang tepat untuk kulit keringmu. Pilih kandungan masker yang extra melembabkan seperti aloe vera, chamomile, yogurt,...


Pastikan wajah telah dibersihkan sebelum menggunakan masker ya!


see you soon

Comments

Jangan lupa subcribe