REVIEW : Wardah Acnederm Series

Hi readers,

Buat kalian yang punya masalah kulit wajah yang kering, sensitif, dan berjerawat. Review produk dan pengalamanku pakai Wardah Acnederm series akan membantu referensi kalian dalam pencarian produk skin care.

Apa itu Wardah Acnederm series?
Wardah Acnederm merupakan salah satu dari sekian rangkaian produk dari Wardah. Diantaranya Wardah Nature Daily, Lightening, Perfect Bright, White Secret, Renew You, dan C Defense.
Semua rangkaian skin care dari Wardah ini memiliki fungsi dan segmen pasar yang berbeda. Seperti halnya Wardah Acnederm merupakan rangkaian skin care yang diformulasikan khusus untuk masalah kulit berminyak dan berjerawat.

Brand Wardah merupakan brand skin care dan make up dari Indonesia yang di produksi oleh PT Paragon Technology and Innovation dan semua produk yang diproduksi sudah tersertifikasi BPOM dan aman. Oiya tidak hanya itu,  juga bersertifikasi Halal MUI.
Awal kemunculannya pun dengan ciri khas Make Up dan Skin Care berlabel Halal.

Wardah Acnederm terdiri atas :
  • Wardah Acnederm Acne Spot Treatment Gel
  • Wardah Acnederm Night Treatment Moisturizer
  • Wardah Acnederm Day Moizturizer
  • Wardah Acnederm Pure Refining Toner
  • Wardah Acnederm Pure Foaming Cleanser
  • Wardah Acnederm Pore Blackhead Balm

Secara keseluruhan kemasannya terbuat dari plastik dengan nuansa warna biru dan putih sesuai khasnya Wardah sih.


Pada kemasan kardusnya, terdapat informasi yang lengkap tentang nama produk, nama produsen, sertifikasi no.BPOM, logo halal MUI, manfaat produk, kandungan produk, dan cara penggunaannya.

Kandungan  Wardah Acnederm Series diantaranya witch hazel, Centella Asiatica Extract, Licorice, Aloe Vera Extract, dan selengkapnya aku sebutkan pada review nanti ya. 

Sesuai tulisan yang tertera pada belakang kemasan


 "Kulit bersih halus terawat" 

Sebelum review Wardah Acnederm series, aku mau jelasin bagaimana kondisi kulitku sebelum menggunakan Wardah Acnederm. 

Kulitku adalah tipe kulit kombinasi dan sensitif. Kulit seperti aku memang sangat mudah berjerawat tentunya. Seusai mencuci wajah, kulitku akan sangat kering namun setelah 3-4 jam kemudian barulah berminyak di area T-Zone. Di tahun 2019 aku sudah mulai rutin menggunakan Wardah Acnederm Pore Refing Toner setelah mencuci wajah. Efeknya benar-benar terasa selain melembabkan juga meredakan kemerahan pada kulit. Tapi saat itu memang belum rajin pakai pelembab. Pakai pelembab kalau pakai make up aja hahhaa toh juga merasa kalo Wardah Sunscreen yang aku pakai itu udah ada pelembabnya kan...tapi kalo ngga pake sunscreen itu ya aku ngga pakai pelembab sih. Nah lama kelamaan, makin merasa ngga nyaman dengan kondisi kulit yang kering banget tapi terus berminyak gitu aja. 

Apa dong ya cara merawatnya ?

Akhirnya aku sadar kalau kulitku dehidrasi itu jadi sangat perlu tambahan pelembab. Namun, karena kulitku juga sensitif dan sangat mudah berjerawat, aku berpikir,
"kulit wajahku ngga hanya perlu pelembab nih. Tapi juga perlu perawatan untuk mencegah jerawat atau menyembuhkan jerawat".
Akhirnya aku putuskan di awal 2020 untuk memakai beberapa rangkaian dari Wardah Acnederm Series yaitu :
Wardah Acnederm Day Moizturizer, dan Wardah Acnederm Night Treatment Moisturizer.


Wardah Acnederm Pure Refining Toner
Sudah pakai ini selama setahun.  Karena tahun lalu mulai mengerti pentingnya toner. Dan ternyata memang sangat membantu dalam merawat kulit.




Wardah Acnederm Pure Refining Toner merupakan toner yang membantu lebih membersihkan pori-pori wajah walaupun kita sudah mencuci wajah sekalipun. Karena pori-pori yang benar-benar bersih akan lebih maksimal menyerap produk skin care selanjutnya. Selain itu juga dapat mengurangi kemerahan pada kulit akibat cuaca panas dan inflamasi (bengkak) akibat jerawat.



Toner ini tidak memiliki warna. Teksturnya benar-benar mirip dengan air.
Ada aroma mint yang tidak terlalu kuat dan sensasi menyejukan di kulit, dan tidak perih di kulit. Sekalipun kulit mengelupas atau terdapat luka.

Produk yang berisi cairan 100 ml ini dihargai Rp 31.500,-(harga di Shopee - official store Wardah)


Kandungan Wardah Acnederm Pure Refining Toner :

Aqua, Propylene Glycol, Glycerin, Zinc, Gluconate, Pphenoxythanol, Butylene Glycol, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Trideceth-9, Aloe Vera (Leaf) Extract, Disodium EDTA, Ethylhexyglycerin, Fragrance, Menthyl Lactate, PPG-26-Buteth-26, Polysorbate 20, Hammamelis Virginiana (Witch Hazel) Extract, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate.




Cara menggunakannya :

Cukup tuangkan toner secukupnya pada kapas yang tipis lalu tepuk-tepukan pada wajah hingga leher. Kenapa sih kapasnya harus tipis ?
Agar toner tidak lebih terserap kapas dibanding untuk kulit.

Sebenarnya bisa juga dengan menuangkannya di telapak tangan lalu tepuk-tepuk ke wajah. Namun, karena teksturnya yang sangat cair, kemungkinan toner akan tumpah dari sela-sela jari. Maka dari itu lebih baik gunakan saja kapas yang tipis saat mengaplikasikannya.



Wardah Acnederm Day Moisturizer Derma Treat Activities with SPF 15
Kita singkat jadi Wardah Acnederm Day Moisturizer aja ya.
Merupakan pelembab yang digunakan pada pagi/siang hari untuk menjaga kelembaban dan membuat kulit lebih halus. Selain itu, pelembab ini sudah berisi SPF 15. Cukup untuk kondisi di iklim tropis.
Namun sayang sekali tidak ada PA+ nya.


FYI PA+ lebih maksimal untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV B yang mengakibatkan kulit terbakar. Karena itu aku juga menambahkan sunscreen setelah menggunakan Wardah Acnederm Day Moisturizer ini.

Menggunakan pelembab ternyata sangat membantu mengendalikan produksi minyak di kulit. Hal ini karena kulit lebih terhidrasi dan ternutrisi.

Tekstur Wardah Acnederm Day Moisturizer ini adalah gel berwarna putih tapi agak kehijauan. Tentunya aroma mint juga tercium pada produk ini. 
Memiliki tekstur gel, cepat meresap, dan tidak lengket di kulit. 



Produk berbentuk gel berisi 40 ml ini dihargai Rp 33.500,-(harga di Shopee - official store Wardah)

Kandungan Wardah Acnederm Day Moisturizer Derma Treat Activities with SPF 15 :
Aqua, Ethylexyl methoxycinnnamate, propylene glycol, 4-methylbenzylidene camphor, acrylate copolymer, dimethicone, polyacrilamide, cyclopentasiloxane, butylene glycol, benzyl alcohol, panthenol, triethanolamine, C13-14 isoparaffin, polysorbate 60, ethylexylglyceril, aloe barbandensis (aloe vera) leaf extract, epilobium angustifolium extract, laureth-7, beta-glucan, carbomer, fragrance, titanium dioxide, tocopheryl, acetate, dimethicone crosspolymer, dimethicone/vynil dimethicone crosspolymer, phenoxythanol, dimethiconol, sodium metabisulfite, hamamelis virgiana (witch hazel) extract, potassium sorbate, sodium benzoate, tocopherol, PEG-40, hydrogenated castor oil, trideceth-9, polysorbate 20, Cl 19140, Cl 42090.

Cara menggunakannya :
Cukup oleskan secukupnya dan merata pada wajah hingga leher.
Tunggu beberapa saat agar meresap pada kulit lalu, gunakan sunscreen dan lanjutkan make up seperti biasa.



Wardah Acnederm Night Treatment Moisturizer Derma Treat Activities with 7 Plant Extract
Kita singkat juga menjadi Wardah Acnederm Night Treatment. 
Memiliki fungsi yang sama dengan Wardah Acnederm Day Treatment Mosturizer, yaitu melembabkan dan merawat kulit yang sensitif maupun berjerawat. Bahkan kemasannya pun sama. Jadi, harus teliti saat mengambil produk ini jangan sampai tertukar ya.


Wardah Night Treatment Moisturizer ini berwarna putih dan teksturnya pun cenderung  creamy jadi tidak gel seperti Wardah Acnederm Day Treatment Mosturizer.
Walaupun lebih creamy, Wardah Acnederm Night Treatment Moisturizer ini ternyata juga cepat meresap dan melembabkan.

Aku suka ketika bangun di pagi hari, kulitku lebih cerah setelah menggunakan Wardah Acnederm Night Treatment Moisturizer ini. Tapi yang namanya kulit kombinasi berminyak, ya tetap sih pagi hari setelah bangun tidur kulitku ada minyaknya. Tapi lebih sedikit dibandingkan saat tidak memakai Wardah Acnederm Night Treatment Moisturizer.

Produk berbentuk gel berisi 40 ml ini dihargai Rp 33.500,-(harga di Shopee - official store Wardah)

Kandungan Wardah Acnederm Night Treatment Moisturizer Derma Treat Activities with 7 Plant Extract :
Aqua, Dimethicone, Butylene Glycol, Glycerin, Hydroxyethyl Acrylate/Sodium Acryloydimethyl Taurate Copolymer, Isononyl Isononanoate, Cetearyl Dimethicone Crosspolymer, Sorbitan Stearate, Polysorbate 60, Silica, C14-22 Alchohols, triethanolamine, Propylene Glycol, Salicylic Acid, Phenoxyethanol, C12-20 Alkyl Glucoside, Chlorphenesin, Disodium EDTA, Fragrance, Capryloyl Glycine, Ascorbyl Tetraisopalmitate, Hexylene Glycol, Sarcosine, Centella Asiatica Extract,Cinnamomum  Zeylanicum Bark Extract, Polygonum Cuspidatum Root Extract,, Scutellaria Baicalensis Root Extract, Glucose, Camellia Sinensis Leaf Extract, Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extra, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Rosmarinus Officinalis (Rosemary) Leaf Extract. 
Cara menggunakannya :
Bersihkan wajah dari kotoran dan make up. Setelah itu gunakan toner lalu Wardah Acnederm Night Treatment Moisturizer. Nah kalau ada jerawat nih, apa bisa langsung pakai salep jerawat ?
Apa bisa pakai serum wajah setelahnya ?

Jawabannya adalah bisa.
Apalagi seperti aku yang rutin menggunakan Vitacid saat kulit berjerawat nih. Penggunanaan Wardah Acnederm Series ini sangat membantu banget. 
Kalau kalian baca blogku tentang Vitacid. Pastinya tau dong, kalau pakai Vitacid untuk jangka panjang pada bagian yang berjerawat itu kulit akan cenderung mengelupas dan sangat kering. So, i really need moisturizer so much. 



Kedua moisturizer ini dengan kemasan flip top. Jadi aman untuk dibawa bepergian di dalam tas. Tapi kalau kalian harus taruh ini di koper saat naik pesawat. Kalian tetap harus double packaging, misalnya taruh di dalam dompet plastik khsusus lalu baru dimasukan ke dalam koper. Kemungkinan bocor 1 dari 10 sih. Tergantung ini produk terjepit atau ngga di koper dan apakah koper kita terbanting atau ngga.



Hasil Setelah Memakai Wardah Acnederm series 

Selama 1 bulan ini aku rutin memakai Wardah Acnederm Pure Refining Toner, Wardah Acnederm Day Moizturizer, dan Wardah Acnederm Night Treatment Moisturizer.
Kulitku memang tidak langsung mulus ya hehhe...

Sebenarnya sih ngga ada efek yang luar biasa sampe bikin kinclong banget pakai produk ini. Hasilnya pun bertahap dan ngga instan. Tapi jauh lebih lembab, lembut, dan terawat deh semenjak pakai Wardah Acnederm ini. 

Karena kulitku selalu timbul jerawat tiap bulan karena PMS (faktor hormon). Jadi yang namanya bekas jerawat itu tidak semudah itu dihilangkan dalam waktu singkat (seminggu atau sebulan) hanya dengan menggunakan Wardah Acnederm.

Tapi produk ini ternyata sangat membantu mencegah jerawat 70% di kulit wajahku. 
Lagi 30% itu ngga bisa tercegah karena faktor hormon tadi hehhee...


Oiya, kenapa aku tidak memakai seluruh rangkaiannya?
Karena aku masih punya sabun wajah dan obat jerawat yang pasti aku sudah sangat cocok memakainya sejak lama.
Sejak tahun lalu aku pakai Cethapil dan Black pearl sebagai sabun wajah, pakainya selang-seling gitu). Sedangkan untuk obat jerawat seperti yang sudah aku sebutkan di atas, ya aku sudah pakai Vitacid 0,25% saja. 

Kalo habis apakah beli lagi?
Iya dong. Selain merasakan manfaatnya yang bagus, produknya aman, dan juga harganya sangat ramah di kantong.

Produk ini juga mudah dibeli di toko kosmetik, online shop, bahkan official storenya di e-commerce juga ada lho di Shopee, LazadaSociolla dan lainnya.
Maaf ya aku sama sekali tidak disponsori ya, kebetulan itu aja sih yang aku sebut berdasar yang paling banyak peminatnya :))

Sekian review dari Diah Cerita

Boleh juga follow aku di 

matur suksma 

see you soon :)

Comments

Jangan lupa subcribe