Trimester I : "Ini Siklus Kehidupan"

Hi readers,

Senang sekali bisa membagikan tulisan ini. Mungkin suatu saat entah aku yang akan membacanya kembali, anakku tersayang, atau para ibu-ibu yang sedang dalam fase ini.

Tulisan ini untuk membagikan momen yang aku alami dan rasakan pada trimester I kehamilan yang aku bagikan setelah anak kami tersayang lahir ke dunia. Maklum ya kita adat ketimuran ya kenal istilah "pamali", jadi tunggu si baby launching dulu baru deh tulisan ini dirilis heheee

Walaupun fase kehamilan yang aku alami mungkin sama seperti bunda-bunda lainnya tapi tentunya ini menjadi momen yang membahagiakan bagi tiap wanita apalagi ini adalah anak pertama. Masa peralihan dari yang dulunya hanya sendiri dengan tubuh ini kemudian tiba-tiba merasa ada yang berbeda karena perubahan hormon juga.

Beberapa hal yang aku alami :

  1. Mual dan muntah
    Aku memang memiliki riwayat maag sejak tamat kuliah, jadi ya semakin menjadi deh muntahnya saat trimester I ini. Saat satu sampai dua bulan pertama aku bisa muntah 3 kali sehari walaupun sedang tidak telat makan sekalipun, ya susu khusus ibu hamil dan vitamin dari dokter adalah penyelamat nutrisi janin kami saat itu. 

    Aku ingat kata dokter Sp.Og kami yang pertama, "Ibu hamil itu bukan orang sakit. Kehamilan ini siklus kehidupan. Walaupun muntah setelah itu tetap makan, makan sedikit tapi sering biar lambung tidak kosong dalam waktu lama nanti itu membuat asam lambung naik kemudian muntah lagi."

    Karena lumayan parah kondisi muntahku itu, ya akhirnya aku diberikan obat pengurang rasa mual dan pencegah muntah yang diminum 30 menit atau satu jam sebelum makan. Oiya obat ini harus diresepkan oleh Sp.Og atau bidan saja ya, karena ibu hamil tidak boleh sembarangan minum obat.  

  2. Pusing hingga bedrest
    Karena awalnya muntah parah dan sangat susah makan, tentunya ini bikin badan lemas dan pusing banget bund. 
    Aku sempat ada dikeadaan yang seharian harus bedrest, syukurnya satu hari ya.


  3. Sensitif Terhadap Aroma Makanan hingga Parfume
    Selain jadi ngga suka terasi dan kuah pindang, aku malah jadi anti beberapa aroma parfume semenjak kehamilan ini apalagi trimester I yang mencium apa-apa mual jadinya milih-milih aroma parfume deh. ZARA Red Vanilla yang banget aku suka aromanya sebelum hamil, eh malah parkir dulu di meja rias deh karena aku jadi mual cium aroma ini. Alternatifnya aku lebih mending cium aroma parfum buah-buahan segar seperti Pink Berry - Wild Berry.

    Oiya dulunya doyan terasi, pete, ikan asin, rujak kauh pindang nah sekarang jadi absen dulu deh sama aroma-aroma itu. 

  4. Rasa Ngantuk Yang Berat Setiap Waktu
    Aku merasa tersiksa sama ini sih, karena ngantuknya itu aku bahkan rasain dari jam 10 sampai jam 4 sore dimana itu jam-jam produktifnya kerja. Ya ampun rasanya sakit kepala nahan ngantuk, belum lagi nahan malu kalo tercyduc nahan ngantuk sampe merem-merem. Entah ya padahal istirahat malam sudah cukup 6-7 jam. Tentunya rasa ngantuk berlebih di saat jam produktif ini mengganggu aktivitasku saat bekerja.


  5. Perasaan Yang Berubah-Ubah (Moody) 
    Walaupun moody ini bisa terjadi tidak hanya pada wanita hamil, tentunya perubahan hormon dan juga perubahan kondisi tubuh saat hamil juga mudah membuat wanita hamil stress sehingga salah satu dampaknya pada perasaan yang berubah-ubah. Bahkan aku pernah nangis hanya karena hal sepele, terus merasa bersalah dengan janin karena kalau aku sedih takutnya janin juga ikutan sedih nantinya. huhuu

Ketika aku mengalami semua keluhan ini aku kayak mikir "Aduh bisa kan ngelewatin ini?"
Tapi ada kalimat dokter kandungan yang menanganiku di trimester I : 
Orang hamil itu bukan sakit. Ini siklus kehidupan. 

Ini kalimat penguat dan penenang bagiku untuk melewati trimester I. Oh iya saat aku muntah dan lemas karena benar-benar semua makananku terkuras keluar, aku langsung minum air gula atau susu setelah itu aku lanjut dengan buah-buahan manis dan makan cemilan. Karena kata dokter pun, muntah itu wajar tapi jangan sampai perut kosong ya caranya harus segera nyemil lagi.

Oke sekian cerita Trimester I dariku, semoga berikutnya bisa dilewati dengan lancar, tumbuh sempurna, kelak menjadi anak yang suputra.

See you soon,

Comments

Jangan lupa subcribe