Trimester III : "Kram...Gerah Superrr"

Hi readers, 

Puji syukur kepada Tuhan karena telah sampai pada trimester III kehamilanku yang pertama ini. 

Terima kasih juga kepada seluruh pembaca diahcerita.com yang sudah memberikan doa baiknya dan juga sudah mengikuti kisah kehamilanku hingga trimester III. Makin seru pengalamannya karena janin yang penambahan beratnya signifikan dan hal unik lainnya seperti tendangan janin yang sangat kencang tapi paling sangat dinantikan.

Baca sebelumnya : diahcerita "Trimester I" | diahcerita "Trimester II"

Trimester III ini, untuk nafsu makan yang aku rasakan masih nyaman banget bahkan ngga berhenti makan. Awal trimester III atau 27 minggu berat badanku menjadi 55 kg dari yang sebelum hamil adalah 49 kg. Kemudan 32 minggu selanjutnya berat badanku tiba-tiba sudah 61 kg aja dan wow amazing...perutku juga signifikan bertambah besar tentunya.

Nah, beberapa pengalaman berikut yang aku mau share nih, tapi jangan dijadikan patokan banget ya karena keadaan tiap ibu hamil berbeda dan paling penting langsung tanyakan kepada dokter spesialis kandungan atau bidan moms ya.


  1. USG 4D pentingkah ?
    Kita cari tahu dulu ya USG 4D Itu apa.
    USG 4D Ultrasonography 4 Dimensi (USG 4D) adalah pemeriksaan kehamilan dengan menggunakan gelombang suara. Berbeda dengan USG 2D, USG 4D memadukan penyajian gambar 3 dimensi dan gambar bergerak seperti video. 
    Banyak yang masih berpikir USG 4D itu hanya untuk mengetahui wajah si janin kira-kira mirip siapa ya...? Padahal melalui USG 4D kita bisa mengetahui informasi tentang perkembangan janin yang tidak bisa diketahui hanya dengan pemeriksaan USG 2D seperti bentuk jari  tangan bayi, apakah ada resiko bibir sumbing, dan kondisi lainnya.          
    Tetapi jika ditanya penting tidaknya hal ini bisa dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan moms ya. Dokter kandungan sebenernya tidak mewajibkan USG 4D ini kok, karena biasanya justru melalui USG 2D kita mengetahui lingkar kepala janin, besar perut janin, panjang janin, berat janin, jumlah air ketuban, hingga perkembangan organ dalamm janin.                                                                                         
    Kalu aku pribadi dan suami alasan ingin melakukan USG 4D selain mau tahu wajah janin kami kira-kira hidungnya mancung ngga nih.... hehhhe juga untuk mengetahui bentuk anggota tubuhnya. Seperti halnya dijelaskan oleh dokter kandungan saat USG 4D ini, melihat perkembangan jari-jari tangannya, telinga, dan memastikan tidak ada bibir sumbing. 

    Untuk biaya USG 4D ini bervariasi juga sih biasanya mulai dari Rp 350.000,- untuk di Denpasar.

  2. Upacara untuk selamatan bayi dalam kandungan menurut Hindu di Bali                                                                                                      Upacara ini disebut magedong-gedongan. Biasanya ada upacara yang disebut melukat ke pantai, sumber air di desa, dan di Griya anak lingsir.  
  3. Spill Gender
    Hmmm... aku pribadi sih pamali banget sih untuk sharing foto saat hamil ini ke sosial media.  Keep secret kami sebagai orang tua juga untuk gender anak kami. Tapi ini kembali pada kenyamanan masing-masing ya... Lagipula kami benar-benar sure tahu jenis kelamin janin kami saat usia 8 bulan hehhe, abisnya tiap USG posisi janin tidak mendukung untuk ketahuan jenis kelaminnya.  

    Oiya, sama seperti USG 2D sebenarnya USG 3D dan 4D juga akan bagus hasilnya saat posisi janin mendukung, pengalaman kami juga karena janin kami bergerak aktif sekali. Agak susah mendapat posisi wajah janin kami. 

  4. Mulai beli perlengkapan Baby New Born
    Nah karena sudah tau jenis kelaminnya, jadi makin mudah untuk membeli baju-baju bayi dan perlengkapan bayi baru lahir lainnya. Nanti aku bakal sharing di posting yang berbeda deh :) 

    Basic things must to have for new born baby yang aku tau dari informasi entah itu konten dari dokter, sharing moms di YouTube-Youtube, hingga tanya ke orang tua :
    -Selimut tebal 
    -Selimut bedong
    -Baju set bayi 
    -Kaos kaki dan tangan
    -Topi bayi
    -Popok kain
    -Pampers ukuran NB tentunya
    -Sabun
    -Shampoo
    -Minyak telon 
    -Cream anti ruam kulit
    -Baby cologne
    -Hair Lotion

    Untuk keperluan pakaian aku beli 2 lusin dan untuk skin care baby aku pakai dari Zwitsal, and this is not sponsor ya. 


  5. Merasa gerah dan kesemutan
    Yups, makin berat janin kita tentu tubuh ibu akan menyesuaikan juga. Biasanya kaki dan tangan mengalami pembengkakan akibat penumpukan cairan tubuh. Sering juga merasa gerah dan kesemutan karena aliran darah saat hamil cenderung fokus ke rahim sebagai penunjang tumbuh dan kembang janin. 

    Saat memasuki usia kehamilan 36 minggu aku mengalami kesemutan dan nyeri di tangan khususnya pergelangan tangan, ibu jari dan telunjuk. Nyerinya bukan main sih apalagi di pagi hari saat bangun tidur. Penyebabnya menurut dokter, karena tubuh kekurangan kalsium dan magnesium serta adanya penumpukan cairan tubuh. Dokter kandunganku memberikan tambahan dosis tablet kalsium serta tablet magnesium. 

    Untuk masalah gerah, ini sih juga karena faktor cuaca di Denpasar yang super panas selama usia kandunganku mulai memasukin 32 minggu. Tidak jarang juga walaupun berada di ruang ber-AC aku masih tetap merasa gerah, ya maklum tubuh ibu hamil menyesuaikan dengan keadaan tubuh karena aliran darah yang fokus ke rahim tersebut. 

  6. Kondisi kulit saat hamil
    Aku bersyukur selama hamil kulit wajahku justru bebas dari jerawat seperti sebelum hamil. Mungkin hormon yang jadi lebih stabil saat hamil ya, tapi bersyukur banget kulit bebas jerawat dan juga tidak tampak kusam. Untuk tangan, kaki, dan badan aku merasa tidak terlalu memiliki masalah kulit yang kusam atau menggelap sih. 

    Kehamilan pertama ini aku bersyukur deh, kulit ngga rewel. Karena khawatir juga ketika hamil misal ada masalah kulit berjerawat seperti dulu ya tentu tidak boleh memakai produk perawatan kulit dengan kandungan AHA, BHA, retinol, Salicylic Acid, Tretinoin, dan bahan skin care lainnya yang berbahaya untuk perkembangan janin. 
    Nanti aku buatin postingan khusus untuk skin care yang aku gunakan selama hamil ini deh :)
Secara keseluruhan fase kehamilan trimester III ini pertumbuhan janin pesat, rata-rata kenaikan berat janin 200 - 500 gram dalam 4 minggu. Senam atau yoga hamil juga dianjurkan untuk memperkuat tubuh apalagi menjelang persalinan. Oiya nanti aku ceritain juga deh gimana proses persalinanku ya.  

Ketika trimester akhir atau memasukin 36 minggu kehamilan, moms akan rutin kontrol ke dokter tiap 2 minggu sekali dan makin mendekati Hari Perkiraan Lahir(HPL) maka, makin sering lagi kontrol tiap seminggu sekali. 

Selama kehamilan dari trimester I, II, III, persiapan persalinan ini aku mencari informasi melalui dokter kandungan, bidan, membaca buku pink - KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) yang didapat dari bidan, aplikasi android Teman Bumil, dan YouTube Channel dari dokter-dokter kandungan. 

Semoga ceritaku tentang proses kehamilan ini selain menjadi kenangan kami juga menjadi media sharing bagi para ibu hamil tapi ingat, jangan dijadikan patokan ya. 

Selamat belajar dalam kehidupan ini...

Boleh juga follow aku di 

see you soon :) 

Comments

Jangan lupa subcribe