Rekomendasi Skin Care untuk Ibu Hamil



Hi readers, 

Kalau kalian membaca postinganku kali ini, wah selamat ya atas kehamilannya :) Semoga ibu dan janin sehat hingga persalinan nanti. 

Atau kalian bukan ibu hamil tapi seorang saudara atau mungkin seorang suami yang sayang istri dan mau tahu apa sih rekomendasi skin care untuk ibu hamil ? 

Eits, katanya ibu hamil ngga boleh pakai skin care lho??? 
Jawabannya mitos ya. 

Menggunakan skin care oleh ibu hamil itu diperbolehkan namun dengan syarat harus memperhatikan kandungan produk agar tidak membahayakan perkembangan janin.  Skin care untuk ibu hamil tersebut harus bebas dari kandungan berikut : 

  1. Benzoyl Peroxide
    Benzoyl Peroxide adalah salah satu kandungan yang digunakan dalam produk skincare untuk mengatasi masalah jerawat. Namun, bahan ini diketahui bisa membahayakan janin, karena ketika diserap ke dalam kulit, benzoyl peroxide dapat berisiko pada janin. Benzoyl Peroxide termasuk ke dalam kategori C, yaitu kandungan skincare yang tidak boleh untuk ibu hamil. Ahli dermatologi dan dokter juga merekomendasikan ibu hamil untuk menghindari produk-produk yang mengandung benzoyl peroxide.

  2. Hydroquinon
    Hydroquinone juga termasuk salah satu kandungan skincare yang tidak boleh untuk ibu hamil. Bahan ini umumnya digunakan sebagai agen pencerah kulit dalam serum dan krim pencerah wajah yang digunakan untuk mengobati kondisi seperti melasma dan bintik hitam. Penelitian juga menemukan bahwa sebanyak 45 persen dari bahan ini diserap dalam kulit setelah digunakan secara topikal. Meski hingga saat ini belum ada penelitian mengenai efek hydroquinone pada janin, namun bahan kimia yang terlalu banyak dalam aliran darah dapat membahayakan nyawa.

  3. Paraben
    Kandungan skincare yang tidak boleh untuk ibu hamil lainnya adalah paraben. Dikutip dari Dandy Engelman, MD, ahli bedah kulit bersertifikat, paraben telah dikaitkan dengan kanker payudara, serta dapat memengaruhi sistem reproduksi. Selain itu, paraben juga umumnya digunakan untuk mengawetkan produk. Oleh karena itu, pastikan Anda menghindari produk skincare ini agar tetap aman untuk kesehatan diri sendiri dan janin.

  4. Retinoid
    Kandungan skincare yang satu ini umumnya ditemukan dalam krim anti-aging atau anti penuaan. Menurut ahli, ada bukti yang menghubungkan penggunaan retinoid dengan peningkatan risiko cacat lahir pada bayi yang sedang berkembang. Retinoid umumnya ditemukan pada label perawatan kulit dengan kandungan vitamin A, yang sebagian merupakan campuran asam retinoat. Meski hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan efek negatif retinoid pada janin, atau efeknya hanya diketahui dari penelitian pada hewan, namun untuk keamanan diri sendiri dan janin, ibu hamil sebaiknya menghindari bahan skincare ini.

  5. Sodium Laurate Sulfate
    Meski terdengar asing, namun Sodium Lauryl Sulfate umumnya ditemukan dalam produk sampo dan sabun. Namun, bahan ini juga termasuk salah satu kandungan skincare yang tidak boleh untuk ibu hamil. Bahan kimia ini bertindak sebagai pembuat busa di banyak produk sabun dan pencuci dengan tingkat konsentrasi yang dapat mengiritasi kulit menurut standar kosmetik. Selain itu, tubuh manusia tidak mampu memecah bahan kimia ini dan dengan paparan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan masalah sistem saraf, fungsi ginjal, dan fungsi hati.



Tidak hanya 5 bahan tersebut tetapi ada banyak lagi kandungan produk skin care yang harus dihindari termasuk yang mengandung AHA, BHA,  Salicylic Acid/Asam Salisilat yang biasa terdapat pada obat jerawat, merkuri, dan yang bersifat memutihkan kulit. Hal ini juga berlaku bagi ibu menyusui karena apa yang ibu konsumsi baik itu makanan, minuman, vitamin, obat, hingga skin care akan terserap tubuh yang kemudian menjadi bahan penyusun ASI.

Seiring berkembangnya era kecantikan, kini banyak tersedia skin care khusus ibu hamil dan menyusui. Ada dua brand yang aku gunakan selama kehamilan hingga kini menyusui. 

Sensatia Botanicals
Brand lokal yang dikembangkan di Desa Jasri, Karangasem, Bali sejak tahun 2000. Hingga kini menjadi brand yang dikenal skala international. Produk dengan kandungan natural dan sudah tersertifikasi BPOM membuat produk ini aman digunakan khususnya bagi ibu hamil dan menyusui. Walaupun sudah memiliki produk khusus ibu hamil/menyusui dan untuk bayi. Produk yang lainnya pun tetap bisa dipilih sebagai skin care-nya bumil dan busui lho. 
 
Ngga nyangka dulu awal kuliah udah pernah review Sensatia Botanicals kan, eh ternyata pas hamil make lagi.
 
Aku memilih basic skin care Sensatia Botanicals seperti : facial oil, facial wash, dan aloe vera gel sebagai pelembab.  


Pemakaian rutin mampu menjaga kulitku dan saat hamil justru kulit makin halus tanpa jerawat yang parah seperti sebelumnya. Mungkin ini juga pengaruh hormon ya, tapi pemakaian Sensatia Botanicals aku lanjutkan hingga kini menjadi ibu menyusui. 

Terus yang enak tuh, Face washnya dengan tekstur cair dan busa yang ngga berlebih, feel after wash bikin kulit tetap lembab, sama sekali ngga ada sensasi kulit kering ketarik. 
 
Isinya banyak 220ml bisa dipakai sampai 4 bulan baru habis. Untuk harga Rp130.000.- belum lagi kalau lagi diskon di Shopee menurutku ini lumayan hemat apalagi benar-benar cocok di kulitku dan aman untuk ibu hamil hingga ibu menyusui.
 


Mama's Choice 
Produk yang aku coba ada sunscreen, face wash, dan sheet mask. Faktanya sampe sekarang bayiku usia 4 bulan, aku belum juga coba sheet masknya karena mager hehehee

Kalau untuk Mama’s Choice Daily Protection Face Moisturizer SPF 20 PA++ aku sih lanjut pakai sampai kini jadi ibu menyusui.
Cover | Skincare Ibu Hamil | Mama's Choice 2in1 Face Care (Face Wash & Face Sunscreen Moisturizer) - Skincare Bumil dan Busui Terdaftar BPOM
 
Tipe mineral sunscreen dengan tekstur creamy berwarna putih mengandungan SPF 20/PA++, cukuplah untuk melindungi kulit dari sinar UV matahari dengan aktivitas dalam maupun di luar ruangan (tapi ngga terlalu lama juga ya berjemurnya). Keunggulannya nih bisa jadi moisturizer, ngga cuma cocok buat bumuil dan busui aja tapi juga cocok untuk yang kulit sensitif.

Ada kandungan rice extract yang membuat kulit lebih cerah, hyaluronic acid untuk melembabkan kulit, dan mineral sunscreen, serta aroma orange essential alami. Ini note ya buat bumil yang mungkin sangat sensitif terhadap aroma wewangian, ada aroma jeruknya sih tapi lembut banget. Kalau aku waktu hamil kemarin, ngga bermasalah sama aroma ini.

Dan sisanya, aku make up seperti biasa aja. Seperti concealer, loose powder, blush on, mascara, eyebrow pencil, dan lip tint/cream. Tapi make up-nya aku sesuaikan yang tidak menyumbat pori-pori atau merangsang pertumbuhan jerawat.

 

Utama Spice

Syukurnya hamil anak  pertama, hormonnya ngga ganggu penampilan kulitku. Kalaupun ada jerawat palingan 1 atau 2, aku pake pelembab dulu terus ditotol Tea Trea Oil Essential dari Utama Spice. Selain itu aku juga pakai Utama Spice Witch Hazel sebagai toner karena kandungannya yang aman untuk bumil/busui, dan juga pakai Utama Spice Cocoa Love Body Butter sebagai pelembab di perut bumilku, siku, lutut, hingga tumitku yang makin kering dan kasar saat hamil. Em..sampe sekarang juga kering kerontang sih kulitku mungkin juga efek hormon yang berubah atau kolagen dalam kulit yang menurun.

 

 

Skin Care lainnya seperti body wash, body lotion, body scrub pun aku pakai yang biasa seperti sebelum hamil. Sekian sharing kali ini ya, semoga membantu untuk bumil/busui yang lagi baca ini sebagai referensi skin care dan sehat selalu ya.

Boleh juga follow aku di

Instagram | YouTube 


See you soon :)
Thank You


Comments

Jangan lupa subcribe