Pengalaman Bersalin dengan metode SC ERACS

Hi readers,

Aku mau sharing pengalaman saat bersalin putra pertama pada Februari 2023 nih, rasanya pingin aja sharing sekaligus jurnal pribadiku tapi bisa dibaca orang lain.

Sebelum cerita aku mau kutip penjelasan apa itu SC ERACS ?

Enhanced Recovery After Caesarean Surgery atau ERACS adalah metode operasi caesar dengan perawatan khusus yang berfokus untuk mempercepat pemulihan pasien. Persalinan ERACS akan mengurangi durasi rawat inap, komplikasi operasi, serta meningkatkan kepuasan ibu.

Kenapa aku melahirkan dengan metode SC ERACS ini? Apa cuma ikutan trend selebriti?

Oke kilas balik dulu ke tanggal 30 Januari 2023, sehari sebelum HPL. Aku belum juga ada tanda persalinan walaupun beberapa kali sempat kontraksi palsu. Satt itu masih dengan tenang menanti, berusaha, dan berdoa untuk persalinan normal. 

Tanggal 31 Januri 2023 mengalami beberapa kali kontraksi yang sering dalam 1 hari, beberapa kali ke kamar mandi khawatir juga kalau KPD(Ketuban Pecah Dini) tapi cuma buang air kecil biasa. Malam hari susah tidur karena kontraksi yang lumayan sakit, bikin tidur ngga nyaman juga. Tapi keesokan hari kontraksinya hilang. Karena kondisi kemarin mengkhawatirkan, kontrol ke dokter lagi deh. 

Ternyata kondisi janin sangat baik, air ketuban cukup, berat janin sekitar sekitar 3500, posisi kepala di bawah, yang 3 minggu lalu posisinya sudah masuk ke panggul tapi malah naik lagi posisi kepala janinnya. Bahkan sampai tanggal 1 Februari itu sudah berusaha gerakan yang membantu kepala janin agar masuk panggul untuk membantu lahiran normal, eitsss...ternyata saat kontrol itu ada lilitan tali pusar pada janin.

Wah kalau begini, aku khawatir tapi ngga panik-panik banget. Akhirnya  meminta saran terbaik dengan dokter,  

" kondisi seperti tadi, saya jadi khawatir dengan janin saya dokter. Bisa dijelaskan apa dengan kondisi tersebut resikonya seperti apa, dan saya meminta pertimbangan dokter untuk persalinan saya apalagi usia kandungan sudah 40 minggu." 

Setelah diskusi dan pertimbangan nih, akhirnya aku dan suami meminta SC. 

Dari awal mindsetku,
"apapun metode lahirannya saya tetap seorang Ibu, yang penting keselamatan ibu dan janin."

Kalaupun alasan awal saya ingin lahiran normal karena menurut saya proses penyembuhan post partumnya lebih cepat apalagi jika tanpa jaritan ya.

Nah berbekal penjelasan dokter kandungan secara kilat h-1 SC, eh untungnya pernah liat IG storynya Tasya Kamila yang lahiran anak kedua dengan metode SC ERACS, saya pun diskusi dengan dokter,

"Dokter, kalau SC dengan metode ERACS seperti apa ya ? Katanya cepat pemulihannya ? Bisa dikasi suntikan anti keloid katanya ya?"

Pulang dari kontrol saat itu, aku ngga mau bayangin gimana perut dibedah berlapis-lapis atau gimana nanti rasanya dibius epidural. Pasrah dan berdoa ke Tuhan minta tuntunan dan keselamatan, karena SC-nya bener-bener besoknya banget.

Jujur, SC ERACS diluar rencanaku yang ingin bersalin secara pervaginam. Akhirnya jadi pengalaman yang menegangkan sih buat aku yang pertama kali, tapi ngga nutup kemungkinan kalau anak kedua jadi yang kedua kali. Tapi ada pengalaman sepupu, karena jarak anak pertama dan kedua 3 tahun, justru anak kedua lahirannya bisa pervaginam. 

Who know yaa...

Kami memilih RS Balimed Denpasar untuk tindakan SC ERACS ini karena lokasi yang dekat rumah dan dokter kandungan kami praktik di sana.

Secara fasilitas aku merasa nyaman dengan pelayanan RS Balimed Denpasar, mulai dari admin RS yang informatif untuk kita mendapat informasi via telepon dan whatssapp.

Nah, bagaimana nih proses persalinan SC ERACS sesuai pengalamanku ? 

  • Puasa h-6 jam operasi
    Ngga nyiksa sih puas h-6 jam karena aku mulai puasa jam 12 malam hingga 6 jam berikutnya karena sampai di RS langsung check up dan persiapan operasi SC. Seperti mengisi beberapa lembar formulir, tes alergi obat, pakai baju khusus pasien, pakaipenutup kepala, pemasangan kateter, dan infus.

    Oiya,  sebelum SC sebaiknya cukur di rumah rambut kemaluan. Kalau tidak biasanya dicukur oleh perawat perempuan.
      
  • Ternyata sedingin itu ruang operasi
    Selain sedingin dan sterill  tentunya, kondisi ruang operasi dibuat senyaman munkgin untuk pasien. Oh iya ngga boleh tegang saat disuntikan bius epidural ya. Dokter anastesi akan menyuntik bagian tulang belakang,  aku ngga ngerasa sakit sih. 

    Perlahan kaki terasa kesemutan,karena bagian yang terkena efek bius epidural ini adalah perut hingga ujung kaki. Untuk make sure bius sudah bekerja, dokter akan meminta kita mengangkat kaki apakah terasa? 

    Waktu itu aku lihat kaki aku terangkat tapi udah ngga berasa apa dan aku kayak orang ngantuk. Aku kebangun saat mendengar tangisan bayiku terus lanjut lagi kayak orang ngantuk.

    Eh kebangun udah di ruang recovery aja. 
    Total lama operasi dari awal masuk hingga keluar ruang operasi kayaknya 1,5 jam deh. 

  • Aku mengigil pasca operasi lho
    Ini efek obat bius setelah SC sih, tapi ngga lebih dari 2 jam seingetku efeknya. Aku cuma ngerasa saat di ruang recovery pasca SC. Sesudah di kamar rawat inap,  lanjut infus untuk antibiotik dan anti nyeri.  

  • Setelah lepas kateter langsung belajar jalan ngga sampai 24 jam pasca operasi
    Besoknya diganti perban yang waterproof jadi bisa mandi lebih leluasa tanpa khawatir luka SC kena air.   Kalo pengalaman ibu-ibu di angkatannya ibuku yang pernah SC metode lama/konvensional, katanya sih untuk belajar jalan aja butuh proses beberapa hari setelah operasi 

Selaim itu perawat menjemput bayi pukul 05.00 hingga 09.00 WITA untuk dijemur dan dimandikan, jadi selama 3 hari rawat inap ini aku punya waktu istirahat setelah subuh karena sebelumnya tiap 2 jam kebangun untuk menyusui.

Ini sangat membantu banget buat aku yang sedang masa pemulihan pasca operasi SC sih, kayak abis begadang terus bisa tidur 3 jam-an sebelum mandi dan sarapan.

Setelah 3 hari rawat inap, kami pun pulang bersama bayi mungil kami. Tidak ada perawatan khusus untuk luka pasca SC ERACS, hanya lanjut minum obat seperti antibiotik dan beberapa resep obat minum dari dokter Sp.Og

Awalnya ku ngerasa ngga nyaman saat batuk duh, buat yang pasca SC pasti relate nih. Terus aku belu deh  korset Sorex yang berfungsi menyangga perut pasca SC bahkan buat yang lahiran pervaginam bisa juga pakai. Pakai korset gini lebih praktis dibanding dibekung atau memakai lilitan kain ala tradisional.

Beli korsetnya juga h+3 banget pasca SC, sama sekali ngga baca review orang udah langsung beli di toko online baby kids Bali sekalian beli pampers waktu itu.
Korset Sorex ini jenisnya memang untuk menjaga otot perut ibu pasca SC dan membantu otot rahim ke ukuran semula. Membantu banget sih karena  pakai korset, seminggu aku udah mulai nyaman duduk di bawah dan belajar memandikan bayi.  

Setelah 14 hari kontrol luka ke dokter kandungan dan perban waterproof dilepas. Luka operasi SC-ku "bagus" artinya tidak ada inflamasi, tampak goresan seperti sayatan cutter berwarna merah dan cukup rawat luka terbuka. Artinya mandi boleh diguyur air tanpa ditutupin perban anti air lagi,  pastikan luka kering,  dan tidak ada pemberian obat sekalipun. 

Dua minggu pasca SC ini aku merasa gatal di bagian paha hingga kaki, apa mungkin efek SC Eracs ya? soalnya udah ke dokter untuk obat pereda gatal tapi ngga mempan. Karena menurut dokter,  kalaupun efek alergi obat karena SC itu bukan masuk kategori alergi obat. Kalau alergi obat itu harusnya efeknya langsung bukan yang berminggu-minggu.

Ibu-ibu lain ada juga pengalaman serupa kok, hmmm kira-kira kenapa ya? 
Apakah efek tubuh sedang recovery?  

Berhubung saat itu aku lagi minum ASIFIT dan molloco sebagai ASI booster, dokter sementara minta aku perhatikan kira-kira apakah keduanya bikin alergi. Kalau tidak berarti bukan alergi obat sih.

Jadi gimana pengalaman SC ERACS kalian?  
Sehat selalu ibu-ibu dan bayinya juga keluarganya, bahagia selalu

Sekian posting kali ini, 
Nanti aku lanjut review perintilan alat pumping juga deh

 

See you soon,

Thank You

Comments

Jangan lupa subcribe