Rasanya Bipolar?.... tapi ngga yakin sih

Hasil gambar untuk bipolar disorder
More info about bipolar disorder

Hi readers,

Emmmm, karena ini namanya "Diah Cerita" blognya Diah. Kali ini aku mau cerita perasaan dan bisa dibilang hal-hal yang selalu bikik aku bertanya sih, jadi ngga apa kan ya kalo kali ini isinya bukan review skin care atau make up. By the way, kemarin aku udah posting review skin care, kalau ngga tertarik dengan cerita ini bisa baca posting ini aja ya :) klik di sini


Buat yang mau baca cerita aku sampai habis, terima kasih banyak ya :)
Well, singkat cerita dulu waktu SMP saya pernah dibully, berarti itu sudah 8 tahun lalu.
Aku agak lupa gimana proses aku dibully, intinya dimulai setelah aku menyampaikan suatu bentuk kritik kepada teman.

Semenjak saat itu aku baru benar-benar merasa kalo kontrol emosi dalam diri aku agak kacau. Bukan kontrol emosi yang jadi pemarah gitu, tapi aku jadi cepet iba terhadap sesuatu. Tapi cepet juga ngerasa bahagia dan bersemangat banget. Kadang kalo udah semangat gitu bisa ngga tidur kayak kelebihan energi deh.
Sedangkan ketika aku merasa sangat sedih, merasa sangat terpuruk, kurang percaya diri.

Bahkan dulu saat masa-masa dibully, aku takut pergi ke tempat ramai yang ada di lingkungan sekolah dan merasa siapapun yang duduk di belakang saya itu membicarakan aku dan otomatis juga aku ngga terlalu PD menatap teman-teman.

Masa putih abu-abu pun datang. Tuhan benar-benar menjawab doa aku. Lingkungan SMA yang asri, teman-teman yang lebih tentram tapi penuh kegiatan ekstrakulikuler dan kelompok belajar Ekonomi membuat masa SMA indah-indah aja sih.

Tapi kadang kontrol emosi aku tetap masih naik turun dengan cepat tapi untungnya teman-teman dekat sebut aja geng 7 icons yang terdiri atas 7 perempuan termasuk aku hehhhe
Mereka mendukung aku bangett, bahkan saat patah hati dengan gebetan saat itu wkwkkwkk

Well, lanjut ke bangku kuliahan.
Kontrol emosi yang parah masih sih, tapi karena lingkungannya benar-benar baru apalagi aku mesti kost. Terlebih awal perkuliahan aku langsung ikut organisasi, jadinya aku selalu berusaha yang terbaik di depan orang-orang. 2 Tahun berlalu, aku merasa baik-baik aja sih, kontrol emosi stabil. Mungkin karena aku ada tantang baru dalam hidup yang berbeda dari sebelumnya ditambah temen-temen yang banyak dan asik. Pokoknya mau sedih itu ngga sempet, saking selalu ada aja yang hibur dan lingkungan yang asik itu.

Tapi aku ngerasa beberapa bulan ini kondisi berubah.

  1. Doi yang udah mulai sibuk karena udah mau TA dan kita jarang ketemu, karena setahun sebelumnya kita tiap hari ketemu dan dia selalu jadi moodbooster. Sekarang tiba-tiba aja berubah ditambah hubungan terasa di titik jenuh, ada rasa khawatir bakal berakhir.
  2. Kegiatan yang selalu jadi rutinitas yaitu organisasi kampus, aku udah ngga ikut lagi karena sudah lengser sih
  3. Mulai ada rasa tekanan karena semester 6 dan makin dekat dengan UKK dan PKL, dan tahun depan pastinya skripsi.


3 Bulan terakhir aku jadi sering nangis tiap sebelum tidur, bisa berlangsung 1 jam tapi setelah itu aku lupa kenapa aku nangis. Pokoknya suasana hati kayak roller coster, naik dan turunnya drastis banget dengan waktu yang cepat.

Aku jadi kehilangan minat bahkan dengan make up, blogging. makan pun ngga nafsu .....
Hal lainnya aku juga gangguan tidur yang parah, mau tidur itu rasanya ada yang bicara di kepala, aku cepet banget hilang fokus, ngerasa capek terus padahal ngga ngapain.


Sampe akhirnya aku sadar, semua memang berubah. Entah apa memang ada yang salah atau aku cuma khawatir berlebihan ?
Aku coba introspeksi diri entah itu dalam hubungan, pertemanan, dan kehidupan pribadi.

Akhirnya aku mulai sadar, hidup pasti ada perubahan termasuk orang-orang dalam kehidupanku, Mungkin aku juga yang telat sadar untuk berubah, karena aku terlena akan hidup yang aku rasa baik-baik aja. Aku lupa untuk introspeksi diri, meningkatkan syukur, dan lebih tulus menyayangi orang-orang, mungkin aku terlalu banyak mengharap ?

Padahal pada dasarnya kita cuma boleh menggantungkan harapan yang tinggi hanya pada kemampuan diri kita. 

Jadi apa ini bipolar ?
Apa ini gejala depresi ?

Dari dulu aku sebenernya khawatir kalo aku bipolar. Tapi aku selalu yakinin diri untuk tidak menggiring pemikiran "aku bipolar". Bagaimanapun sesuatu dapat terjadi karena pikiran kita sendiri bukan?

Kalo mungkin ini berkepanjangan, so pasti aku harus datengin psikolog deh biar pasti dan tidak menduga-duga.

Readers, support aku terus ya :)
Dan kita juga saling support kedepannya, 
Aku belum tau caranya mungkin dengan hiburan membaca blog aku ? hehhe

Buat kalian yang mengalami hal seperti aku, aku hanya dapat sedikit menyarankan walaupun ini mungkin tidak cepat merubah keadaan, tapi coba dulu deh :)
Kalo kamu main social media mulu, coba deh hilangin akun yang menurut kalian negatif. Coba follow akun-akun motivasi, akun-akun meme.

  1. Kalo aku selama ini jadi fokusin IG aku ngefollow hal yang berkaitan dengan beauty pageants biar aku termotivasi sama perempuan yang berprestasi, terus akun-akun MUA biar aku makin semangat sesuai hobiku.
  2. Sebisa mungkin postingan bernuansa galau aku skip aja, misalnya kamu lagi ada masalah atau bener-bener patah hati. Aku saranin jangan deh baca akun-akun galau, makin dibaca makin kita terpuruk.
  3. Jangan terlalu memaksakan diri dengan kegiatan baru. Kegiatan baru justru perlu penyesuaian, ketika kita kehilangan semangat sebenernya kita perlu lakuin yang sesuai kemampuan dan suasana hati aja dulu. Selama ini aku coba menari, ketemu temen-temen ya walaupun jadinya curhat seenggaknya ada pelampiasan unek-unek hati.
  4. Jangan terus-terusan curhat, ketika curhat dan udah dapet solusi coba deh terapkan. 
  5. Berdoa, curhat sama Tuhan
  6. Dengerin video dari channel YouTube Pagar Kehidupan
  7. Pake otaknya, logika harus jalan, Inget cita-cita "Sampe kapan mau terpuruk ?" Ini aku sadar ketika aku lihat perempuan berprestasi di ajang pageants, mereka hebat deh lalu aku ?
Cobalah, memang sulit tapi pasti bisa :)



Love you, 
see you soon :)

Comments

Jangan lupa subcribe